Lucky Strike Mild, Mild Powerful Pertama dari Bentoel Group

Selamat malam,

Kali ini saya ingin mereview rokok yang hari ini baru saja masuk pasaran Indonesia dengan embel-embel powerful dan kemasan yang sangat unik, yaitu Lucky Strike Mild. Saya jujur sangat susah mendapat barang ini untuk saat ini mengingat baru hari ini baru diluncurkan oleh Bentoel. Sayapun mendapat barang ini pada akhirnya di sebuah warung di kawasan Depok, dan saya sebenarnya cukup terkejut mengingat biasanya di warung tersebut rokok barang baru akan masuk beberapa hari bahkan minggu setelah peluncurannya.

Saya sedikit akan mengeshare iklan Lucky Strike Mild yang diputar sejak peluncurannya pada kemarin hari (terhitung dari update postingan ini). Saya baru mendapat iklannya dari akun Youtube Jeffry Mitchel pada malam ini. Silahkan ditonton.


Ada beberapa alasan mengapa Lucky Strike meluncurkan rokok kreteknya pada tahun ini diantaranya sebagai berikut

  1. Kesuksesan Dunhill versi kretek membuat Bentoel seakan ingin menambah portofolio brand globalnya berbasis kretek. Lucky Strike yang dikenal sebagai rokok SPM American Blend memiliki keunikan dengan proses pemanggangan tembakau Burley yang menjadi ciri khas rokok ini. Lucky Strike seakan ingin membawa proses tersebut ke dalam rokok kretek dalam hal ini kemungkinan besar menggunakan Tembakau Garangan sebagai analog dari Tembakau Burley karena memiliki proses yang sama yaitu dipanggang.
  2. Adanya keinginan Bentoel Group dalam menambah penjualannya terutama dalam segmen SKM LTLN. Lucky Strike Mild menawarkan rasa yang berbeda dengan Dunhill Mild, yaitu rasa yang lebih kuat dan proses yang berbeda dengan biasanya. Dengan hal ini, variasi rokok SKM LTLN bisa bervariasi dibandingkan sebelumnya.
  3. Produk ini bisa dibilang sebagai kompetitor rokok kelas menengah, dalam hal ini untuk menandingi Surya Pro Mild dan U Mild karena secara harga dan isi tidak jauh berbeda. Mereka berdua menawarkan blend yang berbeda dibanding mild menengah keatas, yaitu dengan rasa tembakau yang lebih hard dan kadar tar yang lebih dibanding mild menengah keatas yang umumnya memiliki kadar tar dibawah 14mg.
Baiklah saya akan review rokok ini secara harga terlebih dahulu. Untuk harga rokok ini ialah Rp. 13.000 (ada beberapa warung yang menjual dengan harga 15.000, cukai 16.000) dengan kuantitas isi 16 batang. Agak berbeda dengan Dunhill Mild yang menawarkan isi 20 batang pada awal penjualan. Sepertinya Bentoel mulai sadar dengan preferensi perokok SKM LTLN yang umumnya merokok dengan isi 16 batang. Untuk harga saya beri nilai 9.2 dari 10.

Kemudian kita lihat kemasannya terlebih dahulu
(Update: Foto yang lama kurang begitu terang sehingga saya coba retake ulang namun dengan peringatan yang berbeda)







Kemasan rokok ini berbasis warna biru tua dengan adanya unsur concentric circles khas Lucky Strike yang teksturnya saya sangat bisa rasakan cukup baik. Logo Lucky Strike yang diterapkan pada rokok ini merupakan logo Lucky Strike terbaru, dengan adanya logo berwarna silver. Adanya tulisan MILD berlatar merah pada bagian depan menandakan rokok ini merupakan varian kretek mild pertama dari Lucky Strike. Warna biru tua yang ada juga disertai dengan warna hitam pada bagian samping dan atas bawah kemasan. Pada bagian deskripsi kemasan, rokok ini mampu menggambarkan rasa mild, smooth dan full of taste yang salah satunya karena adanya penambahan cengkeh dalam blendnya dan adanya tulisan It's Toasted menandakan proses tembakau pada blend rokok ini salah satunya menggunakan tembakau yang dipanggang. Dan di bagian deskripsi terdapat slogan khas Lucky Strike yaitu It's Luckies. Enjoy. Pada bagian samping kemasan terdapat logo khas Lucky Strike terbaru bergambar R.A Patterson yang merupakan pembuat rokok ini sejak 1871 beserta Chief Powhatan yang kebetulan pada zaman dahulu memiliki lahan tembakau yang menjual lahannya kepada perusahaan Amerika bernama American Tobacco Company (kini British American Tobacco Group). Adanya logo Luckies BLEND FINEST CLOVES dengan cengkeh cukup menegaskan rokok ini merupakan rokok Lucky Strike dengan unsur cengkeh. Bagian barcode memiliki kesamaan dengan Lucky Strike pada umumnya. Adanya tulisan 16 CLASS A CIGARETTE menandakan rokok ini memiliki berat yang sama dengan rokok Class A pada umumnya, dengan berwujud mild. Produk rokok ini kebetulan dibuat oleh PT Suburaman, salah satu group dari Bentoel yang pada saat ini membuat produk rokok SKM LTLN berupa Starmild dan Club Mild. Sepertinya untuk PDIT hanya dikhususkan untuk Dunhill mengingat demand rokok ini sangatlah besar. Saya sangat senang dengan kemasan dari rokok ini. Dan sangat menggambarkan hal yang dijual dari rokok ini. Untuk kemasan saya beri nilai 9.5 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya

Ketika saya buka kemasannya, tekstur kemasan ini sangat glossy. Dan hinge lid pada rokok ini berwarna hitam yang menandakan rasa mantap dari rokok ini. Foil pada rokok ini berwarna biru tua dengan adanya unsur concentric circles menghadap keatas dan tulisan Luckies EST. 1871 yang kebetulan sangat susah untuk dilihat secara jauh. Foil pada rokok ini sangat glossy, dan berbeda tekstur dengan rokok mild pada umumnya.

Kemudian kita coba buka foil dari rokok tersebut


Isi rokok ini ialah 16 batang dengan susunan 8 di depan dan 8 di belakang layaknya rokok mild pada umumnya. Sepertinya Lucky Strike berusaha memahami karakter rokok mild Indonesia pada umumnya. Warna batang rokok ini terlihat jelas berwarna putih layaknya rokok mild pada umumnya.

Kemudian kita coba tarik batang rokoknya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki panjang dan diameter yang sama dengan rokok mild pada umumnya. Tipping paper pada rokok ini memiliki unsur Luckies berwarna biru tua di bagian batasan rokok ini dengan adanya tulisan MILD dengan arah memanjang. Perforasi pada rokok ini ialah satu baris dengan jarak yang sedikit jauh dibandingkan mild pada umumnya. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan rasa yang lebih powerful dibanding mild lainnya.

Kemudian kita coba rasakan rokoknya dengan seksama


Rasa rokok ini memiliki unsur saus yang hampir sama dengan Dunhill Filter, dimana terdapat unsur cocoa, coffee dan aroma khas dengan intensitas yang lebih ringan dibanding Dunhill Filter. Bisa dibilang rokok ini punya core yang hampir sama dengan Dunhill Filter. Rasa tembakaunya menurut saya sangat rich, dengan adanya harshness yang cukup terasa disertai rasa smooth yang sangat mantap. Tarikannya sangat mantap, cenderung sedikit heavy dan powerful dibanding mild pada umumnya. Bisa dibilang tarikan rokok ini cukup hit namun smooth ketika ditarik. Dengan adanya pemanggangan pada Tembakau Garangan yang menjadi analog dari Tembakau Burley, rokok ini menawarkan rasa yang menurut saya unik dengan adanya aroma khas hasil pemanggangan tembakau. Manisnya menurut saya sangat pas, dan tidak terlalu manis dibanding mild pada umumnya. Blendnya sangat balance, dengan adanya unsur spicy yang menjadi ciri khas dari rokok kretek namun tidak begitu dominan serta unsur earthy namun ditawarkan dengan rasa yang lebih powerful. Durasi bakar pada rokok ini cukup baik, bahkan saya bilang cukup lama dibanding mild lainnya. Saya sangat senang pada rokok ini, karena bisa dibilang secara rasa sangat unik dan berbeda dibanding mild pada umumnya. Untuk rasa saya beri nilai 8.5 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan kemasan yang keren, harga yang murah serta tarikan yang lebih mantap, rokok ini sepertinya menjadi alternatif bagi anda yang menginginkan rasa yang powerful dengan harga yang murah. Saya cukup merekomendasikan rokok ini, terutama bagi anda yang menginginkan rokok dengan harga murah namun dengan rasa yang mantap. Kelemahan rokok ini ialah pada distribusinya yang belum merata pada hari ini. Distribusi rokok ini sepertinya akan mulai pada hari ini, dan saya rasa rokok ini akan terdistribusi dengan baik pada akhirnya. Sangat baik untuk sebuah rokok mild, dan saya sangat merekomendasikannya. Overall saya memberi nilai 9.1 dari 10. Kemungkinan besar rokok ini akan menjadi pengganti rokok favorit saya yaitu Magnum Blue walaupun secara rasa masih lebih enak Magnum Blue. 

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok dan ask saya di ask.fm/reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

52 Komentar

  1. Two Thumbs!
    My Lucky Strike :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap! jadi pengen dengerin lagunya Maroon 5 wakakak

      Hapus
  2. My Lucky Strike...Mantapp..!!!

    BalasHapus
  3. di alfamart ada gak ya... soaknya di indomart gak ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kok mas di alfa, saya biasa skarang beli rokok ini di alfamart

      Hapus
  4. Diwarung depok mana gan belinya ?
    Kebetulan ane di depok juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas daerah mana? kalo kawasan margonda-kelapa dua banyak yang jual. kalo mau aman cari di alfamart, harganya ga mukul kalo disana

      Hapus
  5. Stelah bosan ngisap marlboro light (28 thun)...bru2 ini pindah ke LA bold.... Kayan hrus pndah k luckies mild 16...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pindah aja mas, serius ini enak. ini belakangan jadi rokok harian saya

      Hapus
  6. Bondowoso, jatim. Belum ada mas. Padahal pengen nyobain, cari pengganti S*mpoerna mild yg tambah lama tamvah mahal, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja mas, tunggu bbrp minggu lagi aja mas. atau nggak coba cari ke toko-toko

      Hapus
  7. penasaran bngt sm lucky strike 16 kayanya mantap bwt temen ngopi ni rokok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sih cocok banget ama rokok ini, kayak kebetulan pas banget dan lebih narik dibanding mild lainnya, walaupun saya belakangan kadang kangen ama Magnum Blue

      Hapus
  8. Wah ini nih rokok yg mantaf. Keren tampilannya, mewah banget.
    Rasanya halus. OK.
    Beli 1 slof ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap!!!! saya juga belakangan suka banget ama rokok ini. kalo diajak nongkrong ga malu gitu walau harganya murah. dan pas ama taste ane

      Hapus
  9. Baru nyoba gan rasa tembakau panggangnya itu memberikan rasa yg unik di lidah ane,,,,

    Ane lama memutuskan stop hisap rokok mild macam L.A Light,Sampoerna Mild, U Mild, dll karena tubuh ane menolak, rasanya enek, kenapa ane pusing, perut mual,,, beralih ke Gudang Garam Signature,,, sampai kemaren ane dapet sample gratis rokok ini di warung deket rumah ane,,, dan ane memutuskan kembali ke mild yakni Lucky Strike Mild,,,

    Soalnya Gudang Garam Signature sudah banyak bikin lubang di baju dan kain lainnya milik ane,,, cengkehnya banyak banget dan terkadang ada letupan dari cengkeh yg ukuran rajangannya besar,, udah gitu bibir dan jari tangan ane menguning karena pewarna pada bagian kertas pembungkus di bagian filter nya yg luntur,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dibilang mengapa mas nerima rokok mild tapi yang Lucky Strike Mild? kalo sependapat ane sih karena emang racikannya dia ga macem-macem dan kebetulan saya punya keluhan yang sama ama mas. suka eneg gitu ama mild kecuali Magnum Blue, Clas Mild atau GG Mild.

      untuk masalah kuning pada tangan dan mulut, itu karena udah sering terpapar ama tar. tar sendiri emang basically warnanya kuning kecoklatan, makanya kalo agan pernah naruh beberapa saat rokok yang dibakar di lantai warna putih bakal keliatan warnanya. saya sendiri kebetulan untuk masalah tangan udah kena warna kuning, karena pada umumnya yang sering kena masalah kayak gitu udah perokok berat

      Hapus
  10. Maaf sy ats nm mudi yg baru2 d hubungi menganai geratis rokok ternyata adji dikasikangi mamax skli lagi maaf

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan ini nmr hp sy 082189145609

      Hapus
    2. Salah masuk room kayaknya nih, ini buat review doangan

      Hapus
  11. Ah ini saya komentar ttng gaya bahasa anda yg jelas, tegas, lugas & mudah difahami. Sesekali komentator harusnya apresiasi tidak pada rokok yg anda review, tapi pada review yg anda buat dgn sangat rapi ini. I think you're our lucky strike. Karena anda, kita dapat membedakan & menikmati rasa rokok dari sebuah review tanpa membeli berbagai macam rokok. The best.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap, saya cuman ngasih review yang lengkap sebagai preferensi konsumen mas. Kalo konsumen banyak pilihan review, kan jadi bisa milih gitu. Jadi saya buat blog ini salah satu tujuannya biar orang ga perlu ngerokok beragam untuk tau rasa serta full fisik dari rokok itu tanpa perlu ngebeli. Btw makasih mas

      Hapus
  12. Sepertinya merek ini boleh dicoba, saya perokok awam biasanya hanya bakar rokok surya karena bapak saya sering beli merek tersebut. Semoga tidak mengecewakan seperti percobaan saya dengan malboro red.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, silahkan coba saja. Kalau saya ngerasa ini rokok pas banget

      Hapus
  13. Saya punya toko pinggir jalan dan Lucky Strike mild memasang iklan berupa neon box untuk tempat rokok, dan per3bln hanya mendapatkan 150rb, sedangkan di Circle K 10jt untuk per3 bln...
    apa kah ini ada permainan sales yg memasang iklan di tempat saya?
    alamat toko saya cawang 3 jl.permata no.8 rt.04 rw.05 Jakarta timur 13650

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kemungkinan mengapa di warung lebih kecil sedang di circle k lebih mahal ialah karena memang kontraknya cukup berbeda dan jumlah penempatan untuk warung bisa dikatakan lebih banyak dibanding di circle k. untuk di circle k dia model neon, sedang setau saya yang dipasang di warung bukan berupa neon dan bisa diganti dengan merek rokok lain (semisal Dunhill) yang juga diproduksi oleh Bentoel.

      coba tanya toko sejenis, apakah sama atau tidak dapatnya segitu, karena sejauh ini emang Bentoel lagi gencar masang penempatan iklan di warung-warung

      Hapus
  14. Rasanya tidak kalah dari sempurna mild

    BalasHapus
  15. jos gandos top markotop lucky strike mild JOIN THE CIRCLE

    BalasHapus
  16. Are you paying over $5 per pack of cigs? I buy high quality cigarettes at Duty Free Depot and this saves me over 50% on cigs.

    BalasHapus
  17. Awal ketemu langsung jatuh hati.... singkatnya 4 atw 5 bulan lalu ini rokok sy bawa dri bandung sebagai persediaan sy saat bekerja dipulau terluar yaitu bunyu, sy udh tau ini rokok blum ada disana.... sy kenalkan terhadap tmn2 kerja.... mereka suka karena dgn brand yg sudah terkenal harganyapun ekonomis, menurut sy sich macho y.... dlu memang sulit karena blum ada ditoko2, sampe pemilik toko ada yg bilang gak jual pak takut gak laku, tpi skrg dipasaran pulau bunyu lucky strike mulai menyaingi...

    BalasHapus
  18. rokok uenakkk tenannn woiii

    BalasHapus
  19. Ini rokok paling mantap menurut gue awalnya dulu gue hisap kurang enak jadi kelamaan enak ini sebagai pengantin saya sebagai sehari hari saya mengantikan A mild yang mahal sama signature

    BalasHapus
  20. Saya terdampar disini karena ingin tanya apakah lucky strike putih sudah dihentikan produksinya? Hampir 5 warung dan Indomaret Alfamart tidak jual sampai saya dapat di Alfamart yg penjualan nya sepi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih ada kok, cuman emang stoknya terbatas. Udah nyari di Circle K belom? Indomaret setau saya cuman jual Lucky Strike yang Mild doangan untuk saat ini.

      Hapus
  21. Gak enak, rasanya setara rokok harga 7000an

    BalasHapus
  22. saya ingin jadi distributornya, mohon petunjuk gimana caranya

    BalasHapus
  23. mau nanya nih.. lucky strike ini ada manisnya gitu ga sih? abisnya pengen coba tapi gasuka yang tawar tawar

    BalasHapus
  24. Rokok mild yang canggih..sekelas taste dan brand international harganya terjangkau.

    BalasHapus
  25. rokok mild canggih..sekelas taste dan brand international harganya terjangkau.

    BalasHapus
  26. kalau promosi yang benar dong,masa kembaliannnya nggak di kasih malah kari,itu promosi apa penipu,,,gimana mau dapat konsumen kalau gitu caranya,saya kecewa banget,tolong ditindak lanjuti,kalau mau dapat konsumen

    BalasHapus
  27. Baru nyoba dan saya lebih suka ini dr pada dunhill..
    Lebih natural,rasa khas burley di Lucky Strike merah gk hilang..
    Manteb dah

    BalasHapus
  28. Ada satu batang yg berbeda dengan yg lainnya dalam satu kemasan lucky strike dibagikan filternya ada motif batik warna biru knp ko bisa beda

    BalasHapus