Djarum Super MLD (Mild) Black Series Isi 12 Batang, Rokok Kadar Tar FF Dengan Rasa Mild

Selamat malam,

Sudah hampir seminggu saya tidak membuat postingan yang berarti di blog ini. Dalam hal ini saya memang sengaja mulai jarang memposting segala sesuatu hal yang berkaitan dengan review rokok pada bulan ini. Walaupun sebentar lagi sudah masuk ke dalam bulan Maret, namun setelah saya check stok rokok produksi terbaru, saya masih baru menemukan beberapa saja dan dalam hal ini pendistribusian cukai terbaru sepertinya baru tersalurkan pada akhir bulan ini, dan saya bisa pastikan bahwa stok produksi pertengahan Februari akan mulai tersalurkan pada awal bulan Maret ini. Dalam hal ini saya rasa, ada sedikit perbedaan dengan distribusi rokok berpita cukai tahun sebelumnya, dimana dalam hal ini saya merasa distribusi stok berpita cukai 2017 termasuk lama bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Dan dalam hal ini saya rasa hal tersebut bisa terjadi dikarenakan stok produksi awal tahun masih menggunakan pita cukai 2016 walaupun tetap ada penyesuaian harga bagi beberapa merek rokok.

Pada kesempatan ini, admin baru saja menemukan sebuah rokok yang baru di launching sekitar hari Minggu lalu, dimana rokok ini terhitung merupakan varian terbaru dari MLD Black Series yang sebenarnya sudah di launching pada bulan Oktober tahun lalu. Entah ada apa gerangan, saya merasa penjualan versi 16 dari rokok ini sangat laku, sampai-sampai demand terhadap rokok ini saya lihat di lapangan sangatlah tinggi. Dalam hal ini saya bisa membuat sedikit analisis mengapa Djarum MLD Black Series meluncurkan varian terbaru-nya yakni dengan kuantitas isi lebih sedikit, yakni 12 batang dan dalam hal ini analisis ini cenderung bersifat umum. Analisis ini dapat dijabarkan sebagaimana berikut:

  1. Djarum Super MLD Black Series sebenarnya merupakan percobaan dari Djarum dalam mengakomodasi perokok SKM LTLN yang berusaha ingin naik tingkat ke dalam segmen rokok SKM Full Flavor namun secara rasa tidak begitu menyukainya. Rasa rokok jenis Full Flavor yang pada umumnya memiliki rasa spicy dan fruity yang sangat kuat membuat sebagian orang enggan untuk mencoba rokok berkadar tar Full Flavor. Percobaan rokok berkadar tar Full Flavor dengan rasa Mild sejauh ini berhasil, dimana bisa dilihat demand dari rokok ini sangatlah tinggi. Namun bagi konsumen yang merasa harga 15.000 (harga awal diluncurkan produk ini, sejauh ini harga MLD Black Series isi 16 sudah mencapai 16.000 di beberapa tempat) masih terlalu mahal, maka pada akhirnya Djarum mencoba meluncurkan versi isi 12 batang dengan harga yang tentunya lebih murah dan juga kenikmatannya tidak bisa ditandingi dengan rokok Full Flavor yang sesungguhnya.
  2. Alasan diluncurkan isi 12 batang juga terlebih mengakomodasi harga pita cukai yang naik sekitar 9.3-10% dimana pada akhirnya Djarum MLD Black Series sudah tidak mungkin disubsidi layaknya pada saat awal diluncurkannya rokok ini. Terlebih, meskipun angka 15.500-16.000 masih terhitung terjangkau untuk ukuran rokok dengan kadar tar Full Flavor, namun bagi sebagian orang masih enggan untuk mencoba dikarenakan harganya yang masih kurang begitu terjangkau. Meskipun demand terhadap rokok ini bisa dikatakan sangat besar, namun Djarum merasa dengan hanya mengandalkan isi 16 batang masih kurang untuk mencapai keuntungan yang maksimum. Hal ini sebenarnya juga yang membuat Lucky Strike Mild mengeluarkan isi 12 batang dengan harga 10.000. Dengan harga yang tidak terpaut jauh dengan harga Lucky Strike Mild isi 12 batang yang sejauh ini masih dihargai dengan angka 10.000, Djarum Super MLD Black Series cenderung lebih unggul, selain dikarenakan kadar tar-nya yang lebih tinggi, rokok ini seakan menawarkan kemantapan mild berkelas premium khas dari Djarum dengan harga yang sangat terjangkau.
  3. Dapat disimpulkan ialah dikarenakan kenaikan cukai yang mulai diterapkan, plus isi 16 batang masih kurang untuk menambah keuntungan portofolio MLD, diharapkan penjualan rokok ini akan meningkat signifikan bila sebuah brand memperbanyak portofolio yang bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Dengan tetap mengandalkan MLD isi 20 batang dan MLD Black Series isi 16 batang, rokok ini seakan memberikan angin segar terhadap rokok dengan harga 11.000 namun menginginkan kemantapan lebih puas dan tahan lama bila dibandingkan semisal saja dengan Lucky Strike Mild isi 12 batang atau A Mild isi 12 batang, serta bagi rokok SKM Full Flavor golongan menengah, rokok ini seakan menjadi pesaing terberat dalam segmen rokok SKM Full Flavor dibawah harga 13.000. 
Nah, itu dia sedikit analisis mengapa Djarum meluncurkan MLD Black Series dengan isi 12 batang dan Djarum mengharapkan keuntungan yang lebih besar bila dibandingkan dengan mengandalkan MLD Black Series isi 16 batang saja. Marilah kita review rokok ini dimulai dari harganya terlebih dahulu, untuk harga rokok ini ialah Rp. 11.000 (harga saat saya beli rokok ini ialah 12.000, cukai 13.450) dengan kuantitas isi 12 batang. Untuk harga saya beri nilai 10 dari 10.

Kemudian kita coba review kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini bisa dibilang cukup simpel namun elegan. Pada bagian depan dan belakang kemasan memiliki warna dasar hitam, merah tua, serta silver, dimana dalam hal ini bagian atas kemasan dekat peringatan terdapat dua pattern kotak yang berjumlah 16 kotak dalam tiga baris. Dibawahnya terdapat tulisan DJARUM SUPER dengan ukuran font yang kecil dan tipe font serif berwarna silver serta tulisan MLD yang pada edisi ini tidak memiliki tulisan I yang terselubung pada bagian kanan M. Dapat disimpulkan, edisi ini berbeda jauh dengan MLD biasa yang jenisnya LTLN, MLD disini lebih kepada series Djarum dengan blend yang lebih smooth dan modern. Bagian bawah tulisan MLD terdapat 13 kotak ber-emboss dengan 9 baris, disusul adanya tulisan BLACK SERIES yang menggunakan font bertipe sans serif yang disampingnya ada 6 kotak berbaris dua, dan dibawah tulisan BLACK SERIES terdapat 13 kotak dengan baris satu. Hal yang berbeda bila dibandingkan dengan isi 16 batang ialah bagian samping kotak terdapat objek persegi panjang menghadap vertikal dengan adanya pattern garis menghadap kanan atas dimana pattern-nya sangat bisa dirasakan emboss-nya serta tulisan 12 pada bagian bawah objek. Bagian depan dan belakang cukup terlihat glossy dan shiny, namun bertekstur standar dengan efek emboss yang kaya. Bagian lain yang membedakan dengan isi 16 batang ialah pada bagian samping kanan kemasan terdapat tulisan 12 KRETEK FILTER dimana tulisan 12 ada di tengah serta KRETEK FILTER membentuk lingkaran disertai dibawahnya terdapat logo DJARUM SUPER MLD dan dibawahnya ada kadar tar dan nikotin rokok ini. Hal yang tidak umum pada rokok Djarum yang ada pada rokok ini ialah penempatan SKM yang umumnya dekat dengan kadar tar dan nikotin kini dibawah larangan jual dan tulisan larangan jual berbentuk rata tengah. Sangat menarik dan sangat elegan. Untuk kemasan sendiri saya beri nilai 9 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Bagian inner frame pada rokok ini memiliki desain yang sama dengan isi 16 batang. Dalam hal ini pada bagian inner hinge lid yang saya rasa lebih susah untuk ditampilkan bila dibandingkan dengan isi 16 batang juga terdapat tulisan THE TASTE THAT MOVES YOU dengan font dan model yang sama dengan isi 16 batang. Hal yang berbeda yang saya rasakan ialah foil yang sedikit lebih kecil ukurannya bila dibandingkan dengan isi 16 batang namun dengan model yang sama dengan isi 16 batang.

Kemudian kita coba buka foil-nya dengan seksama


Susunan pada rokok ini sangat berubah bila dibandingkan dengan isi 16 batang. Dalam hal ini susunan batang berubah drastis menjadi 6 di depan dan 6 di belakang dengan kuantitas isi 12 batang.

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama


Tidak ada perubahan yang drastis ketika kita melihat batang rokoknya. Dalam hal ini panjang dan diameter-nya sama saja dengan MLD isi 16 batang, dengan adanya batasan tipping paper berupa garis merah dengan adanya logo MLD dan tulisan DJARUM SUPER yang memiliki efek glossy.

Kemudian kita coba rasakan rokoknya dengan seksama


Pada sebelum dibakar, rokok ini seakan menawarkan sensasi manis fruity yang ditawarkan berkat adanya penambahan essens leci disertai sedikit a hint of peppermint yang khas dari rokok ini. Ketika dibakar, rokok ini menawarkan sensasi khas dari buah leci, disertai adanya a hint of peppermint disertai  penambahan sage oil dan rosemary oil sebagai penyedap dari rokok ini. Cengkeh yang digunakan sangatlah kuat, sehingga mampu menawarkan sensasi warming yang sangat khas. Sensasi gurih khas rokok kretek saya juga bisa tangkap, dimana dalam hal ini gurihnya tidak sedominan rasa a hint of peppermint serta paduan penyedap yang saya sebutkan tadi sehingga rokok ini masuk kedalam SKM Full Flavor dengan rasa yang sangat modern. Rasa manis pada rokok ini sama saja dengan isi 16 batang yakni tidak begitu manis, namun cenderung terasa tapi tidak membuat mual. Blend pada rokok ini cenderung earthy, dan memiliki balance yang baik, dalam artian rokok ini kuat akan rasa Tembakau Virginia lokal namun tetap diimbangi dengan sensasi tembakau lokal berkualitas yang membuat rasa rokok ini sangatlah superior. Dalam hal ini, saya bisa merasakan sensasi lembut yang memang menjadi daya tarik rokok ini, sehingga rokok ini merupakan rokok berkadar tar Full Flavor namun dengan rasa khas dari rokok LTLN alias mild. Tarikannya menurut saya sangat lembut, tidak terdapat harshness khas rokok Full Flavor sehingga secara rasa rokok ini menurut saya lebih superior bila dibandingkan dengan rokok berharga sama namun meninggalkan kesan harshness yang bisa dirasakan dengan seksama. Ketika dikeluarkan dari hidung, rokok ini kuat akan rasa penyedap yang sudah saya sebutkan dengan aroma yang menurut saya pribadi sangat lembut. Throat hit pada rokok ini cenderung halus, dalam artian rokok ini tidak memiliki sensasi menusuk layaknya rokok Full Flavor pada umumnya. Durasi bakar rokok ini sekitar 11-12 menit, jadi menurut saya pribadi rokok ini sangatlah unggul dalam hal durasi bakar menurut saya lebih cepat bila dibandingkan dengan Full Flavor pada umumnya mengingat rajangan yang digunakan menggunakan tembakau dengan rajangan yang lebar, sehingga menimbulkan kesan cepat dan model tembakau yang digunakan sama dengan MLD Regular. Namun kelemahan rokok ini ialah ketika akhir bakaran, bagian tipping paper-nya cenderung melemah sehingga tipping paper pada rokok ini seakan mulai terlepas dari filter-nya, dan juga cenderung panas ketika mendekati batasan tipping paper. Secara keseluruhan, rokok ini termasuk superior bila dibandingkan dengan kompetitor dengan harga yang sama. Untuk rasa saya beri nilai 8.7 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan harga yang menurut saya murah, rasa yang menurut saya cenderung nikmat, serta durasi yang lebih lama bila dibandingkan dengan kompetitor dengan harga sejenis membuat rokok ini seakan lebih unggul terlebih rokok ini diproduksi oleh Djarum yang notabene-nya merupakan produsen rokok berkualitas tinggi. Dengan harga 11.000, rokok ini sangat bisa diunggulkan, mengingat cukup jarang produsen golongan I menawarkan harga rokok yang termasuk hemat dan durasi bakar yang cenderung lama. Untuk distribusi sendiri, rokok ini baru masuk di warung dan toko besar saja, untuk minimarket saya pastikan distribusi rokok ini mulai tersebar pada bulan Maret tahun ini. Overall saya sangat suka dengan rasa rokok ini. Selain harga yang terjangkau, rokok ini menawarkan kemantapan yang lebih nikmat namun tetap dengan semangat MLD yang ingin ditonjolkan pada rokok ini. Nilai total pada rokok ini 9.23 dari 10, artinya rokok ini menang pada harga dan kemasan-nya, secara rasa bisa diunggulkan bila dibandingkan dengan kompetitor.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok, dan ask saya di ask.fm/reviewrokok, serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

6 Komentar

  1. Mantep emangan gan tapi entah kenapa kl udah abis diatas 2 batang rasanya ga ada "nendang2nya" lagi , lebih mantapan ggmild min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo liat kadar tarnya yg lebih tinggi di mld, mungkin krn selera flavornya

      Hapus
  2. Mungkin gan , mayanlah ini bisa jadi selingan

    BalasHapus
  3. Klo nurut gw rokok ini murah tp rasa ga murahan dan irit di kelasnya.

    BalasHapus
  4. Termasuk nikmat bagi yg nyari sensasi spicy n tarikan yg smooth... Flavornya balance, gak terlalu 'rame' tp enaklah hehehe

    BalasHapus